Sunday, April 27, 2014

Socialization, Social interaction, Social mobility


SOCIALIZATION





 

The Role of Socialization

Lingkungan Sosial: Dampak isolasi dari interaksi hereditas dan lingkungan membentuk pertumbuhan manusia. Pengaruh Keturunan terhadap kembar identik dengan tes kecerdasan, menunjukkan  ketika kembar yang dibesarkan secara terpisah dalam pengaturan sosial, skor yang diperoleh kira-kira sama. Sedangkan ketika kembar yang dibesarkan secara terpisah dalam pengaturan sosial yang berbeda secara dramatis, skor akan berbeda.

The Self and Socialization

Pendekatan sosial pada diri sendiri. 

  • Self: Identitas yang berbeda antara satu sama lain, yang membedakan antar individu.
  • Cooley - Looking Glass Shelf: Kita belajar siapa kita dengan cara berinteraksi dengan orang lain, karena pandangan kita terhadap diri sendiri berasal dari kesan dari orang lain yang memandang kita. Jadi, diri kita merupakan hasil dari interaksi sosial dengan orang lain.
  • Mead - Stages of The Shelf: Diri dimulai sebagai posisi istimewa dan sentral dalam dunia seseorang. Sebagai orang dewasa, perubahan diri dan mulai mencerminkan perhatian yang lebih besar tentang reaksi orang lain. Memiliki 3 tahap perkembangan yaitu, Play Stage dimana anak mengalami perkembangan dengan hal-hal yang simbolik. Kemudian Game Stage dimana anak mempertimbangkan beberapa tugas yang sebenarnya dan hubungan simultan. Dan yang terakhir adalah Prepatory Stage dimana anak meniru orang yang berada disekitarnya. 
    • Symbols: gerakan, benda, dan bahasa yang membentuk dasar komunikasi manusia. 
    • Role Taking: proses mental yang dilihat dari perspektif orang lain.
    • Generalizes Other: sikap, pandangan, dan harapan masyarakat yang secara keseluruhan yaitu anak memperhitungkan.
    • Significant Others: diri sendiri merupakan hal yang paling berpengaruh dalam perkembangan.
  • Goffman - Presentation of the Self: Impression Management: merupakan individu belajar untuk mencondongkan presentasi diri untuk menciptakan penampilan yang khas dan memuaskan penonton tertentu.
  • Freud: Diri adalah produk sosial, bagaimanapun, naluri impulsif alami dalam konflik konstan dengan kendala sosial. Kepribadian dipengaruhi oleh orang lain, terutama orangtua. 
  • Piaget: Menekankan tahapan manusia maju melalui sebagai diri berkembang.Teori kognitif pembangunan mengidentifikasi 4 tahap dalam pengembangan proses berpikir anak-anak. Kunci interaksi sosial adalah untuk pengembangan anak. 





 

Socialization and the Self Course

  • Life Course Approach: Diamatinya dengan seksama faktor-faktor sosial yang mempengaruhi orang-orang sepanjang hidup mereka.
  • Rites of Passage: Sarana mendramatisir dan memvalidasi perubahan status seseorang.
  • Anticipatory Socialization: Proses sosialisasi di mana seseorang "berlatih" pekerjaan masa depan dan hubungan sosial.
  • Resocialization: Proses menghilangkan pola perilaku yang lamadan menerima yang baru sebagai transisi dalam kehidupan seseorang.
  • Total Institution: lembaga seperti, penjara, militer, rumah sakit jiwa, atau biara-yang mengatur semua aspek kehidupan seseorang di bawah otoritas tunggal.
  • Degradation Ceremony: ritual di mana individu menjadi sekunder dan agak tak terlihat dalam lingkungan sosial yang tinggi atau berkuasa.

Agents of Socialization

  • Keluarga, sangat berperan dalam proses sosialisasi anak dan sangat dipengaruhi budaya, ras, dan gender. Gender Roles: harapan mengenai perilaku yang tepat, sikap, dan kegiatan wanita dan pria.
  • Sekolah, dimana diajarkan nilai dan kebiasaan yang lebih luas pada anak. 
  • Teman sebaya, sebagai anak-anak yang tumbuh dewasa, kelompok sebaya semakin berperan.
  • Media massa dan teknologi, teknologi mensosialisasikan keluarga kepada multitasking sebagai norma sosial.
  • Tempat kerja (kantor), dimana nelajar untuk berperilaku tepat dalam pengaturan kerja adalah aspek fundamental dari sosialisasi manusia. Sosialisasi di tempat kerja melibatkan empat tahap yaitu pilihan karir, sosialisasi antisipatif, conditioning, dan komitmen berkelanjutan,
  • Agama dan negara, pemerintah dan agama yang terorganisasi perjalanan hidup dipengaruhi oleh beberapa mengadakan kembali tata cara.





gambar 1.1 agen sosialisai

 

 





 

SOCIAL INTERACTION





Social Interaction and Reality

 

Tanggapan kita terhadap perilaku seseorang didasarkan pada berarti kita melekat pada tindakannya. Kemampuan untuk mendefinisikan realitas sosial mencerminkan kekuatan kelompok dalam masyarakat.

 

 

 

Elements of Social Structure

  • Status, mengacu pada salah satu posisi yang didefinisikan secara sosial dalam kelompok besar atau masyarakat.
  • Ascribed Status, status seseorang ketika lahir.
  • Achieved Status, status seseorang yang didapatkan.
  • Master Status, status yang mendominasi orang lain dan menentukan posisi umum seseorang dalam masyarakat




 

  • Social Roles, set harapan bagi orang-orang yang menempati status yang diberikan dan komponen penting dari struktur sosial.
  • Role Conflict, terjadi ketika harapan tidak kompatibel timbul dari dua atau lebih posisi sosial yang diselenggarakan oleh orang yang sama.
  • Role Strain, kesulitan yang muncul ketika posisi sosial yang sama memaksakan tuntutan yang saling bertentangan dan harapan. 
  • Role Exit, proses pelepasan dari peran yang merupakan pusat identitas seseorang untuk membangun peran baru.
  • Groups, setiap jumlah orang dengan norma-norma yang sama, nilai-nilai, dan harapan yang berinteraksi satu sama lain secara teratur.
  • Social Network, serangkaian hubungan sosial yang menghubungkan orang secara langsung kepada orang lain, dan secara tidak langsung menghubungkan dia masih lebih banyak orang.
  • Networking, keterlibatan dalam jaringan sosial; keterampilan berharga ketika berburu pekerjaan.
  • Social Institutions, pola terorganisir keyakinan dan perilaku yang berpusat pada kebutuhan sosial dasar.

Functionalist View

Lima tugas utama suatu masyarakat atau kelompok besar harus mencapai: 

  1. Mengganti personil 
  2. Mengajar anggota baru 
  3. Memproduksi dan mendistribusikan barang dan jasa 
  4. Melestarikan 
  5. Menyediakan dan memelihara rasa tujuan

 

Conflict View 

 

Lembaga-lembaga utama membantu menjaga hak-hak individu yang paling kuat dan kelompok dalam masyarakat. Institusi sosial yang memiliki sifat inheren konservatif dan beroperasi di lingkungan gender dan rasis.

 

Interactionist View

 

Institusi sosial mempengaruhi perilaku kita sehari-hari dan perilaku sosial dikondisikan oleh peran dan status.

 

 

 

Social Structure in Global Perspective

  • Durkheim's

Mechanic Solidarity: Mengacu pada kesadaran kolektif yang menekankan solidaritas kelompok, menyiratkan bahwa semua individu melakukan tugas yang sama.
Organic Solidarity: Mengacu pada kesadaran kolektif yang bergantung pada kebutuhan anggota masyarakat memiliki satu sama lain.

  • Tonnie's

Gemeinschaft: Komunitas kecil di mana orang memiliki latar belakang yang sama dan pengalaman hidup.

Gesellschaft: Komunitas besar di mana orang asing dan merasa sedikit kesamaan dengan warga masyarakat lainnya.

 





  • Lenski's

Sociocultural Evolution Approach: Tampilan masyarakat manusia sebagai mengalami perubahan sesuai dengan pola.

Hunting and Gathering Society: Orang mengandalkan apa pun makanan dan serat sudah tersedia.

Agrarian Societies: Sangat terlibat dalam produksi pangan.

Industrial Societies: Tergantung pada mekanisasi untuk memproduksi barang dan jasa.

Postindustrial Society: Sistem ekonomi bergerak terutama dalam pengolahan dan pengendalian informasi.

Postmodern Society: Masyarakat teknologi canggih sibuk dengan barang-barang konsumen dan media gambar.

 




 

SOCIAL MOBILTY




 

Understanding Stratification

  • Ascribed Status: Posisi sosial yang ditugaskan ke orang tanpa memperhatikan karakteristik unik orang tersebut atau bakat.
  • Achieved Status: Posisi sosial dicapai oleh orang terutama melalui upaya sendiri.
  • Slavery: Bentuk paling ekstrim dari ketimpangan sosial dilegalisir
  • Castes: Sistem turun-temurun dari peringkat, biasanya agama didikte, yang cenderung tetap dan bergerak.
  • Estate System: Berhubungan dengan masyarakat feodal pada Abad Pertengahan.
  • Class System: Ranking sosial terutama didasarkan pada posisi ekonomi yang dicapai karakteristik dapat mempengaruhi mobilitas sosial. Rossides membedakan ada ada 5 kelas untuk menjelaskan sistem kelas di Amerika, yaitu
    • Upper Class
    • Upper-Middle Class
    • Lower-Middle Class
    • Working Class
    • Lower Class
 
 
gambar 1.2 stratification
 
 
 

Perspective on Stratification

  • Karl Marx's View

Hubungan sosial tergantung pada siapa yang mengontrol modus utama produksi.

    • Capitalism: Sistem ekonomi di mana alat-alat produksi yang diadakan sebagian besar di tangan swasta dan insentif utama untuk kegiatan ekonomi adalah akumulasi keuntungan.
    • Class Consciousness: Kesadaran subjektif dari kepentingan umum dan kebutuhan untuk aksi politik kolektif untuk membawa perubahan.
    • False Consciousness: Sikap yang dipegang oleh anggota kelas yang tidak secara akurat mencerminkan posisi tujuan mereka.
  • Max Weber's View

Tidak ada karakteristik tunggal benar-benar mendefinisikan posisi seseorang dengan sistem stratifikasi.

    • Status Group: Orang yang memiliki prestise atau gaya hidup yang sama.
    • Class: Sekelompok orang yang memiliki tingkat kekayaan dan pendapatan yang sama.
    • Power: Kemampuan untuk melaksanakan kehendak seseorang atas orang lain.
  • Interactionist View

Tertarik dengan pentingnya kelas sosial dalam membentuk gaya hidup seseorang.

  • Functionalist View

Ketimpangan sosial yang diperlukan sehingga orang akan termotivasi untuk mengisi posisi fungsional penting. Tidak menjelaskan perbedaan lebar antara yang kaya dan yang miskin.

  • Conflict View

Manusia rawank konflik atas sumber daya yang langka seperti kekayaan, status, dan kekuasaan. Sumber utama stratifikasi, dari ketegangan sosial dan konflik yang pasti akan menyebabkan ketidakstabilan dan perubahan sosial.

  • Lenski's Viewpoint

Sebagai masyarakat kemajuan teknologi, menjadi mampu menghasilkan surplus yang cukup besar barang. Munculnya sumber daya surplus sangat memperluas kemungkinan ketidaksetaraan status, pengaruh, dan kekuasaan. Alokasi barang dan jasa memperkuat kesenjangan sosial.

 




 

 

Stratification by Social Class

Pengukuran kelas sosial dapat dilakukan dengan cara, Objective Method yaitu dengan melihat kelas sebagai kategori statistik berdasarkan kependudukan, pendidikan, penghasilan, dan tempat tinggal.

  • Prestige: Rasa hormat dan kagum pada kedudukan yang berlaku dalam masyarakat.
  • Esteem: Reputasi orang tertentu telah diterima dalam suatu pekerjaan





 

 





 

 




 

 




Kemiskinan 

Orang yang miskin bukan termasuk dalam kelas sosial yang statis, dalam pandangan Gan's, kemiskinan dan miskin memenuhi fungsi positif bagi banyak kelompok non miskin. 

  • Absolute Poverty: Tingkat minimum subsistensi bahwa tidak ada keluarga yang harus hidup di bawah.
  • Relative Poverty: Standard mengambang dimana orang-orang di bagian bawah masyarakat yang dinilai sebagai yang dirugikan dibandingkan dengan bangsa secara keseluruhan. 
  • Life Chances: Kesempatan untuk memberikan barang-barang material, kondisi hidup yang positif, dan pengalaman hidup yang menguntungkan.




 
 

Social Mobility

  • Social Mobility: Gerakan individu atau kelompok dari satu posisi dalam sistem stratifikasi suatu masyarakat yang lain.
  • Open System: Posisi setiap individu dipengaruhi oleh posisi yang dicapai seseorang.




 

  • Closed System: Memungkinkan sedikit atau tidak ada kemungkinan bergerak naik. 





  • Horizontal Mobility: Gerakan dalam kisaran yang sama prestise.
  • Vertical Mobility: Perpindahan dari satu posisi ke posisi lain dari peringkat yang berbeda.
  • Intragenerational Mobility: Perubahan posisi sosial dalam kehidupan dewasa seseorang.

Mobilitas sosial di Amerika melibatkan:

  • Mobilitas kerja 
  • Dampak Pendidikan 
  • Dampak Ras dan Etnis 
  • Dampak Gender

 

Sumber:

Slide Binusmaya, Human Socialities : Socialization, Social Interaction, and Social Mobility. Tanggal 28 April 2014 - http://binusmaya.binus.ac.id

 

No comments:

Post a Comment